Skip to main content

Kaki Gunung Merbabu dan ARTJOG2018

Cerita ini sudah pernah diposting pada blogku yang lain pada tanggal 17 Juli 2018


DOLAN KE-4 2018!?
Dolan ke-4 ini adalah ke Magelang, ets ke Jogja juga siih HAHAHA
           All journeys have secret destinations of which the traveller is unware – Martin Buber

Berawal dari pengen ke ARTJOG2018 bersama partner kali ini adalah Santika, yes, Santika lagi HAHA. Seperti biasa kami berdua aja, rencana awal sih empat orang.
LIAT JADWAL LIAT JADWAL, eh pas tanggal 22 Mei ada Gardika Gigih perform di ARTJOG2018 bareng Tomy Herseta, yang pada akhirnya Santika suka sama Tomy WKWK.  Akhirnya kami sepakat dateng ke ARTJOG tanggal 22 Mei, biar bisa liat Gardika Gigih.

Bisa dipastikan jika tujuannya adalah ke sekitar Jogja, kami menginap hehe. Karena rasanya nanggung kalo gak nginep. We love Jogja so much :)
Tidak seperti dolan sebelumnya yang kita menginap di rumah sodara Santika, kali ini kami menginap di hotel. Biasanya aku pakai Traveloka untuk booking hotel, di dolan kali ini kami pakai aplikasi Airy (airy rooms). Di Airy adanya memang kamar Airy saja, tidak bisa sebebas memilih hotel di Traveloka, tapi oke juga. Kami nginep di Airy UGM  Sendowo E 106 Yogyakarta, tempatnya ada di sekitaran UGM dan deket juga ke kota. Dapet rating excellent juga. Harga hotelnya adalah Rp 142.527, karena lagi ada promo kamar hari Selasa untuk Jogja dan Surabaya kami memesannya di hari Selasa, dan dapet promo potongan harga Rp 50.000, jadi harga hotel jadi Rp 92.527. Ada cerita sedikit juga dibaliknya HAHA, jadi itu kan harus pesen bener-bener hari Selasa, sedang kita berangkat ke Jogjnya itu emang hari Selasa, hari Senin malem tuh kamarnya tersisa dua atau tiga gitu, kami takut dong gak dapet kamar, demi dapet promo Rp 50.000, yaudah dinekad-nekadin pesennya hari Selasa. Karena Senin malemnya emang aku masih di luar, akhirnya jam 12 lebih dikit aku cek hotelnya, ternyata masih available, dan langsung pesen. HAHA bener-bener hari Selasa jam 12 dini hari.


Akhirnya hari Selasa, 22 Mei 2018 kami berangkat ke Jogja pake kereta, ohya, karena berdasarkan pengalaman dan memang sering terjadi, jadi tiket kereta Prameks ke Jogja itu yang ngantri banyakkk banget dan kemungkinan besar bisa kehabisan. Jadi beberapa hari sebelumnya, kami udah reservasi tiket, ini antrinya juga luar biasa.
Ohiya, waktu itu pas puasa juga harus ekstra swabar.
Lupa berangkat ke Jogja jam berapa, tapi kalian bisa cek jadwal Prameks di prameks.com, harganya masih Rp 8.000.
Sampe Jogja kami turunya di Stasiun Lempuyangan karena mau sewa motor di depan stasiun. Nama sewa motornya P24 Rental dan Penitipan Sepeda Motor, nih nomor teleponnya 0896-6257-2252. Ini sama kok tempat kita sewa di dolan ke-2. Ini dia pricelistnya;
  1. Beat 110, Rp 75.000/24 jam
  2. Vario 110, Rp 80.000/24 jam
  3. Vario 125, Rp 90.000/24 jam
  4. Scoopy, Rp 85.000/24 jam
Sewanya pakai jaminan ya hehe, jaminannya ada dua identitas, bisa pakai E-KTP, SIM, NPWP, dan BPJS. Kalau lagi longgar, motornya bisa diantar jemput juga sama masnya dengan tambah biaya tergantung jarak ya.
Setelah selesai urusan sewa motor, kami langsung ke hotel tapi belum bisa check in, akhirnya nitip tas doang terus gas ke Magelang. Petunjuk jalan kami adalah Google Maps dan baca-baca tulisan wkwk.
Tujuan pertama ke Hutan Pinus Kragilan. Ekspetasi agak tidak sesuai realita HAHA, yang jelas jauh dan bener-bener ada di kaki Gunung Merbabu, jalannya mantap hehe.
Harga tiket masuknya Rp 5000. Lumayan juga hutan pinusnya tapi gak sebagus Hutan Pinus Mangunan/Puncak Becici di Bantul. Banyakkkk banget tukang foto di sana, sampe sejenis risih gitu karena ditawar-tawarin terus. Banyak spot foto kayak gardu pandang gitu juga.

Setelah dari Hutan Pinus Kragilan, kami memutuskan untuk ke Taman Bunga Dewari (taman bunga matahari) yang sedang hitz hahaha. Di perjalanan kami berhenti di desa Banyuroto karena ngelihat gardu pandang (spot foto) kalau gak salah sih waktu itu bayarnya Rp 3000/orang. Ini bukan tempat wisata sih, cuma kayak nemu di jalan terus kata bapak penjaganya katanya yang buat gardu pandang itu anak-anak situ. Dari sana, kami bisa melihat Gunung Merapi sangat jelas yang sedang erupsi. Setelah dirasa cukup WKWK, kami melanjutkan perjalanan ke Taman Bunga Dewari.

Harga tiket masuk Taman Bunga Dewari Rp 5000/orang. Pas sampe sana, timing nya kaya kurang pas. Bunga mataharinya nanggung gitu hadapnya, sekitar habis ashar, kurang tinggi juga pohonnya, tapi masih oke buat foto.
Karena berencana mau buka puasa di Jogja, kami segera bergegas dan menuju Seven Sky Lippo Plaza Jogja, itu rooftop Lippo Plaza Jogja yang isinya kuliner banyakkk banget dan harga terjangkau. Suasananya enak haha, dari atas juga bisa ngeliha malamnya Jogja.

Sekitar setengah tujuh, kami menuju hotel untuk siap-siap ke ARTJOG2018, YEY!
ARTJOG2018 ada di Jogja Nasional Museum. Harga tiket masuknya Rp 50.000/orang tapi sangat worth it HAHA. Gilak keren-keren banget karya di ARTJOG2018. ARTJOG2018 dibagi jadi tiga lantai, dan bener-bener keren. Tapi kalau foto hati-hati ya, jangan sampe megang/nyentuh karya karena gak boleh dan panitianya super ketat buat ngingetin hehe.
Kalau gak salah, ARTJOG2019 akan diadain bulan Juli-Agustus. Jadi ARTJOG itu satu bulan penuh. Belum selesai keliling-keliling, tapi jam sudah memanggil-manggil buat nonton Gardika Gigih ft. Tomy Herseta, akhirnya kita buru-buru turun dan nonton perform mereka. EH UDAH RAME AJA, tapi kami bisa duduk di kursi depan panggung wkwk. Performnya mantep bener dah, kolaborasi yang keren HAHA. Kami balik sekitar jam 11 malem, dan mampir makan di Warmindo sekalian beli makan buat sahur.

Sampe hotel tepar...

Keesokan harinya rencana kami pagi-pagi ke Bantul. TAPII, magnet kasur sungguh luar biasa dan akhirnya gak jadi ke Bantul. Kami jadinya ke Situs Warungboto yang masih lumayan deket, karena kami harus balik ke Solo sekitar jam 11.
Situs Warungboto lumayan sepi, karena termasuk baru juga. Bayar parkir sekitar Rp 2000-3000, terus masuknya bayar seikhlasnya. Situs Warungboto kayak Taman Sari, tapi lebih kecil. Buat foto oke juga.
Baiklahhhh sekian cerita dolan ke-4. Jadi total biaya kami Rp 229.000/orang.
Karena dolan Banyuwangi bulan Juli batal, jika tidak halangan kami akan dolan ke Bandung di bulan Agustus bersama pasukan yang lainnya haha.

Comments