Skip to main content

Bandung Trip DAY 1 & DAY 2

BACK AGAIN!!!

Kali ini bercerita tentang perjalanan ke Bandung! HAHAHA akhirnya ke Bandung juga, meski harus merelakan gak jadi lagi ke Negeri Laskar Pelangi tahun ini. Keadaan tidak sesuai rencana memang. Total hari dolan kali ini adalah 5 hari 4 malam. Nah, tapi di cerita ini aku mau cerita tentang hari ke-1 dan 2 dulu YAA. Nanti hari ke-3 dan 4 akan diceritakan lagi terpisah dengan ini!

For my part, I travel not to go anywhere, but to go. I travel for travel’s sake. The great affair is to move –Robert Louis

Dolan ke Bandung dimulai dari Minggu, 17 Oktober 2021 sampe Jumat, 22 Oktober 2021. Dolan kali ini aku tidak sendiri—aku bersama temanku, Nia. Kami berangkat dari Stasiun Purwosari (Solo) jam 20.49 WIB dan sampe di Stasiun Kiaracondong (Bandung) keesokan harinya yaitu jam 06.00 WIB. Jadi perjalanan kami tempuh selama 9 jam 11 menit dan naik KA Kahuripan. Waktu itu keretanya lumayan penuh jadi agak susah mau gerak-gerak, dan itu adalah kereta termurah menuju Bandung dengan harga Rp80.000. Ada harga ada kualitas hahaha, model kursi kereta ini tuh lurus banget di punggung :’( bisa milih per-seat ada yang 2 orang atau 3 orang. Pas sampe Bandung, yaampunnnn tulang punggung sampe tulang ekor rasanya sakit banget. Mau naik atau turun dari motor sama mau sujud sholat tuh rasanya…. LUAR BIASA WKWKWK. Sebaiknya dikemudian hari jangan naik kereta ini lagi sih. Tapi punggung Nia katanya baik-baik saja hahaha. Ohiya, naik kereta jarak jauh wajib antigen ya, antigen di semua stasiun harganya Rp45.000 dan cuma berlaku 1 x 24 jam.

Baikkk, kita mulai cerita di hari Senin, 18 Oktober 2021. Ohiya, sebelumnya kami sudah buat sejenis itinerary gitu, tapi ya ternyata semua tidak bisa berjalan sesuai rencana karena ternyata Bandung pas lagi mulai hujan-hujannya. Oke, jadi pas jam 6 pagi sampe di Bandung, kami nunggu motor yang udah disewa beberapa hari sebelumnya. Kami sewa motornya di @rentalmotorbandung23 (akun Instagram) untuk 4 hari sampe hari Jumat. Total biaya sewanya yaitu Rp330.000 dan udah termasuk 2 helm, 2 jas hujan, dan gratis antar jemput ke lokasi, waktu itu identitas untuk jaminan cuma kartu BPJS-nya Nia.

Setelah motor dianter, kami langsung menuju rumah teman kami yaitu Ghea, yang kuliah di Bandung dan kebetulan lagi ada di Bandung hahaha, sekalian mau bersih-bersih dikit dan istirahat bentar soalnya belum bisa check-in di penginapan kami. Kami menginap 4 hari full di Bobobox Paskal, nah, tentang penginapan ini nanti akan ada cerita yang melelahkan WKWKWKW. Pas di tempat Ghea, kami diajak sarapan bubur di depan Universitas Telkom (mantan calon kampus haha). Pernah diceritain temen kalau di Bandung tuh pas makan dapet minum gratis, kaya air putih atau teh tawar dan ternyata bener aja, beberapa kali makan di Bandung emang dapet teh tawar yang mana adalah minumanku sejak awal tahun 2020 karena mencoba mengurangi gula.

Rencana awal di hari Senin tuh kami mau ke Jl. Asia Afrika, Jl. Braga, ke Rumah Milea (iya yang buat syuting film Dilan), Jurnal Risa Coffee, Paris Van Java, Cibadak Culinary Night, dan Ronde Alkateri. Tapi ya memang cuaca sedang kurang bagus, beberapa tujuan tersebut pada akhirnya di-cancel dan atau diundur. Setelah dari tempat Ghea, kami bertiga meluncur untuk check-in di penginapan. Awalnya kami reservasi di Bobobox Alun-Alun Bandung, tapi karena parkirnya harus di Kings Mall dengan jam operasional tertentu, dan takutnya kami pulang atau berangkat tidak bisa sesuai jam operasinal tersebut jadi waktu itu aku tanya ke pihak Bobobox untuk memastikan jam operasional parkir tersebut. Nah, setelah itu, dari pihak sosial media Bobobox melakukan update yang intinya penginap boleh melakukan relocate ke cabang lain atau refund agar bisa lebih fleksibel keluar masuk kendaraannya, karena di Bobobox Alun-Alun Bandung tidak ada tempat parkir untuk kendaraan (harus di Kings Mall).

Sehari atau beberapa hari sebelumnya aku udah konfirmasi ke pihak Customer Service Bobobox, apakah kita langsung bisa datang ke cabang lain yang dipilih (Bobobox Paskal) atau harus ke Bobobox Alun-Alun Bandung terlebih dahulu, katanya bisa langsung menuju tujuan. OKEEHH jadi kita langsung ke Bobobox Paskal, di sana kita tanya apa bener bisa relocate. Oke katanya bisa dan sedang dikonfirmasikan ke pihak Bobobox Alun-Alun Bandung, dan dari pihak sana juga tidak menyuruh kami ke Bobobox Alun-Alun Bandung dulu plusss kita sudah menitipkan barang di Bobobox Paskal karena belum bisa masuk kabin dan kami mau pergi.

Setelah nitip barang, kita lanjut untuk makan siang. Eh iya posisinya itu Bandung udah mulai hujan, jadi pas sebelum mau makan udah hujan. Kita makan di KFC yang deket sama Bobobox Paskal. Habis makan kita ke Jurnal Risa Coffee yang ada di Jl. Braga. Masih dalam suasana gerimis hujan, tapi kita tetep jalan-jalan. Kurang tau gimana sih aturannya, tapi kata Ghea biasanya harus reservasi dulu kalo mau ke Jurnal Risa Coffee, mungkin karena rame terus kali ya. Kebetulan pas kita ke sana dan tanya, bisa langsung dapet tempat duduk jadi gak perlu nunggu atau reservasi. Di sana diharuskan untuk pesen minum dan minimal 2 makanan, aku gak tau sih minimal 2 makanan ini tergantung orang yang dateng ada berapa atau emang pokoknya harus pesen 2 makanan, PADAHAL baru aja makan hahaha. Yaudah kita akhirnya pesen 3 minuman dan 2 makanan (cake). Aku sama Ghea pesen es kopi susu dan 1 matcha mousse, Nia kalo gak salah pesen es coklat dan 1 chocholate mousse. MENGEJUTKAN SEKALI!!! WKWKWK baru sesruput minum es kopi susu itu, manisnya luar biasaaaa hehehehe dan menurutku gak ada rasa kopinya sama sekali. Habis itu ya sambil makan matcha mousse, yang ternyata juga manis banget tapi lumayanlah ketolong ada rasa matchanya. Matcha mousse-nya aku makan berdua sama Ghea, tetep aja gak habis, karena emang dasarnya agak kenyang plusss manis parah :’(. Hebatnya Nia ini bisa menghabiskan es coklat yang kayaknya pasti manis banget ditambah chocholate mousse. Nah, habis itu yang lumayan gawat kepala kita bertiga kenceng abisss rasanya agak-agak nge-fly gitu wkwkwk, kena sugarush ini. Menu-menu di Jurnal Risa Coffee bisa langsung dicek di highlight instagramnya yaaa, ada makanan asin juga sebenernya—seperti pizza.

Jurnal Risa Coffee, Jl. Braga

Sambil nunggu hujan, kami mencari tempat yang akan dikunjungi selanjutnya. Mengingat cuacanya begitu, jadi yaaa ada beberapa tempat yang sudah direncanakan tapi tidak bisa didatangi. Akhirnya kami memutuskan untuk makan… saja… lagi WKWKWK. Ohiya ini jadinya berempat karena Zidan (pacar Ghea) menyusul. Kami makan dimsum di Red Dimsum. Harganya menurutku ya sama aja sama di Jogja atau Solo, satu porsi mulai dari Rp13.000 isinya 4 pcs.

Setelah dari Red Dimsum kami berempat berpisah. Aku sama Nia menuju Bobobox Paskal untuk check-in dan istirahat. LUCUNYA??? Pas sampe sana udah ganti shift resepsionisnya, terus juga kalo mau relocate kami disuruh ke Bobobox Alun-Alun Bandung dulu. Astaga…. kenapa gak dari tadi siang gitu lho bilangnya wkwkwkwkwkwk, soalnya posisi udah capek pengen mandi. YA MAU GAK MAU kita ke Bobobox Alun-Alun Bandung sambil bawa barang-barang, huft. Di sana ngurus perpindahan ini dan akhirnya nya ya balik lagi ke Bobobox Paskal. Sebenernya di Bobobox Alun-Alun Bandung enak, banyak orang jualan, dan bisa jalan-jalan (jalan kaki) tapi ya parkirnya harus ke mall. Okeeee hari pertama telah berakhir.

Lanjut hari kedua, Selasa, 19 Oktober 2021. Kali ini kami tujuannya ke ijo-ijoan (re: alam). Tujuan pertama adalah ke RANCA UPAS di daerah Ciwidey. Perjalanannya ya lumayan sih dari kota, sekitar 1,5 – 2 jam tergantung keadaan lalu lintas wkwkwk. Pas sampe Ranca Upas sebenernya udah agak gelap langitnya, dan ya hujan… Tapi untungnya udah sempet foto-foto di Penangkaran Rusa. Harga tiket masuk Ranca Upas yaitu Rp26.000/orang termasuk biaya parkir. Namun namun namun, pas di parkiran wajib helm harus dititipkan, yang mana ternyata bayar lagi wkwkwk Rp2.500/helm. Ohiya, kalo mau ngasih makan rusa (wortel) itu masih harus beli lagi dengan harga Rp10.000/ikat. Ada kejadian lumayan lucu dan menegangkan, kan aku beli itu si wortel, awal-awal ya biasa aja. Terus aku kasih beberapa wortel ke Nia, dia pegang, terus duduk. Mungkin karena rusa-rusa ini sudah hafal dengan wortel, akhirnya banyak rusak mendekat di tempat kami duduk. Padahal yaaa, wortel yang kubawa itu kutaruh dalam tas. Nah setelah itu, malah aku yang jadi digeruduk para rusa ;’(. PANIK BANGET WOY WKWK diliatin orang-orang, jujur lumayan panik tapi ini kok gak ada yang bantuin, akhirnya bener-bener diseruduk satu rusa, terus gak beberapa lama akhirnya bapak yang ngurus dateng. Setelah itu baru rusanya bubar dan tidak mengejar aku lagi.

Ranca Upas

Oh iya, kalo mau nginep di Ranca Upas bisa juga yaitu dengan camping atau Bobocabin (bisa pesen lewat aplikasi Bobobox), vibes nya memang cocok sekali untuk camping dan lumayan dingin. Pas di Ranca Upas sempet nunggu dulu hujan reda, habis itu kita menuju ke Situ Patenggang, kayak danau gitu. Harga tiket masuk Situ Patenggang Rp26.500/orang, dan pas di pintu masuk Nia udah tanya, apakah udah sama parkirnya…. terus katanya udah. Oke kita langsung masuk ke kawasan danau itu. Perjalanan ke Situ Patenggang dari Ranca Upas bakal nglewatin kebun teh yang menurutku bagus dan rapi banget, yaitu Perkebunan Teh Ranca Bali, mungkin karena di bawah PTPN jadi lebih terawat kelihatannya.

Situ Patenggang + Perkebunan Teh Ranca Bali

Nah, pas udah sampe area parkir, ternyata…. helm juga harus dititipkan dan belum termasuk biaya parkir motor wkwkwkwk hadeh. Akhirnya bayar lagi Rp10.000 untuk 2 helm dan 1 motor. Pas di Situ Patenggang ini cuaca tidak bersahabat + berkabut, dan pada akhirnya hujan deresss banget dan lama. Waktu itu posisinya kami terjebak hujan deres di salah satu gazebo di danau, terus ada bapak-bapak yang nawarin payung (bilangnya gratis) tapi kami harus berteduh atau makan gitulah di warung dia. Oke kami iyakan karena dingin banget. Kami berdua pesen indomie kuah, teh anget, dan makan satu keripik singkong. Udah agak firasat gak enak sama harganya sebenernya, tapi ya mau gimana lagi. Eh ternyata pas bayar kaget banget, habisnya total Rp50.000 untuk dua indomie kuah + telur, dua teh anget, dan satu keripik singkong kecil. Jadi harga seporsi mienya Rp15.000 wkwkwkwk. Memang di keadaan seperti itu harus hati-hati ahaha.

Setelah di dua tempat daerah Ciwidey ini, emang kayaknya di tempat wisatanya tuh wajib nitip helm dan harus bayar lagi. Ohiya, harga stroberi di Ranca Upas maupun Situ Patenggang murah polllll. Masa satu pack cuma Rp2.500, kalo di Tawangmangu mungkin sekitar Rp15.000.

Situ Patenggang

Sebenernya kami ada tujuan lagi, yaitu ke Nuansa Riung Gunung. Tapi karena hujan, akhirnya kami batalkan. Itu aja balik ke Bandungnya masih dalam posisi hujan dan dingin banget wkwkwk dan aku lumayan gak kuat dingin brrrr. Kami balik dulu ke Bobobox sebentar buat ibadah dll. Lanjuttt habis itu memenuhi alasanku ke Bandung—yaitu ke Bbq Mountain Boys Burger (BMB Burger).

Pas udah mulai merencanakan ke Bandung, malah ada musibah yaitu BMB Burger ini bagian grill-nya kebakaran. Alhamdulillah banget, ternyata pas sampe Bandung, BMB Burger udah buka lagi alias renovasinya udah selesai. HUAA akhirnya jadi ke BMB Burger wkwkwkw. BMB Burger letaknya di 23 Paskal. Aku pesen BMB Classic Burger kalau gak salah dan air mineral, kalo Nia pesen french fries. Menurutku rasanya emang enak banget siiihhhh... JUJUR MAU LAGI KALO KE BANDUNG!

BMB Burger

Habis dari BMB Burger, kami juga ke 23 Paskal Food Market, ya kaya foodcourt gitu sih. Banyak banget pilihan makanannya, terus Nia juga akhirnya makan nasi goreng di sana. Selesai juga cerita Bandung hari pertama dan kedua iniiii! Untuk hari ketiga dan keempat menyusul ya, semoga mood nulisnya ada hahaha.

SAMPAI JUMPA DI HARI KETIGA DAN KEEMPAT!